Vidio

Senin, 07 Januari 2013

BAB I

Fungsi Alat Tubuh Manusia

A. Fungsi Rangka Manusia dan Pemeliharaannya
     Bagian-bagian Rangka

     1.  Tulang-tulang rangka kepala
                Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk me lindungi organ penting yang ada dibagian kepala, antara lain otak. Apabila kepala terbentur maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.

    Gambar 1.1

    Tengkorak manusia dapat berfungsi sebagai pelindung
    otak dan organ lain yang ada didalamnya.



    2. Tulang-tulang rangka badan
        a) Tulang leher
             Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan adanya tulang leher, kepala dapat berdiri tegak. Tulang leher pun ber fungsi untuk melindungi tenggorokan, kerongkongan dan pita suara. Tenggorokan merupakan saluran untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan pita suara merupakanalat penghasil suara.

         Gambar 1.2
         Tulang leher terdiri atas 7 ruas.

          b) Tulang dada dan tulang rusuk.
            Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada dibagian dada, seperti jantung dan paru-paru.

       Gambar 1.3
       Tulang dada dan tulang rusuk melindungi
       organdi dalamnya.

        c) Tulang punggung
            Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung keotak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi se bagai penopang anggota tubuh bagian atas.
               Gambar 1.4
      a) Tulang punggung tampak depan dan,
      b) tulang punggung tampak samping.

         d) Tulang panggul
              Tulang panggul berfungsi sebagai penyam bung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Tulang panggul juga berfungsi sebagai penyangga organ dalam bagian perut. Organ tersebut antara lain usus halus dan usus besar.


        Gambar 1.5 Tulang panggul

    e) Tulang rangka anggota gerak
               Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.

      Gambar 1.6
   a) Tulang rangka anggota gerak bagian
      atas (lengan).
   b) Tulang rangka anggota gerak bagian
      bawah(tungkai).

B. Fungsi Alat Indra dan Pemeliharaannya
     1. Mata
   Gambar 1.7
   Bagian-bagian mata yang terlihat dari luar.

    Bagian mata yang berwarna disebut iris. Orang Indonesia umumnya memiliki iris yang berwarna cokelat. Di bagian tengah terdapat bulatan berwarna hitam yang dinamakan pupilPupil merupakan pintu masuk cahaya. Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang dan membesar jika berada di tempat gelap. Pada bagian depan iris dan pupil terdapat kornea. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea berfungsi untuk memfokuskan dan mengatur cahaya yang masuk. Apabila kamu tidak merawatnya, matamu akan mengalami gangguan. Gangguan pada mata, antara lain rabun senja (rabun ayam), rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopi), mata tua (presbiopi), katarak, dan juling.

                    Gambar 1.8
        Bagian-bagian pada mata.

      2. Telinga
                       
         Gambar 1.9
         Bagian-bagian pada telinga.

           Dari Gambar 1.9, bagian-bagian telinga dapat dibagi menjadi
           tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah,
           dan telinga bagian dalam.

           Telinga bagian luar terdiri
           atas daun telinga dan lubang telinga. Daun telinga berfungsi mem bantu memusatkan suara yang masuk ke lubang telinga dan lubang telinga menya lur kan suara ke selaput gendang telinga.
          Gambar 1.10
          Telinga bagian luar

     Telinga bagian tengah terdiri atas selaput gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran. Selaput gendang berfungsi menangkap suara dari lubang telinga. Telinga bagian tengah pun terdapat saluran yang menghubungkan telinga dengan pangkal tenggorokan. Saluran ini dinamakan saluran Eustashius.

                     
        Gambar 1.11
        Telinga bagian tengah

           Telinga bagian dalam terdiri atas rumah siput dan alat keseimbangan. Rumah siput memiliki sel saraf. Rumah siput berfungsi sebagai penerima getaran suara dari tulang pendengaran. Getaran suara yang diterima dikirim kan oleh sel saraf ke otak.

                     
        Gambar 1.12
        Telinga bagian dalam

   3.  Hidung
                   Hidung berfungsi sebagai indra penciuman. Rongga hidung ditumbuhi rambut yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung.

         Gambar 1.13
         Bagian-bagian hidung

       4. Lidah
            Lidah merupakan alat indra pengecap. Jika diamati di depan cermin, permukaan lidahmu tampak kasar. Di bagian yang kasar itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa bagian lidah terdapat daerah yang peka rasa.


                         Gambar 1.14
          Daerah peka rasa pada lidah.

       5.  Kulit
            Kulit berfungsi sebagai alat indra peraba. Melalui indra peraba, kamu dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila sesuatu menyentuh kulitmu. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapi rasa sakit, tekanan, panas, dan dingin.


          Gambar 1.15
          Bagian-bagian pada kulit.












            .
           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar